SENIN, 15 NOVEMBER 2010 | 05:27 WIBBesar Kecil Normal Jamaah haji melewati terowongan Mina menuju Padang Arafah untuk menunaikan ibadah wukuf. (Adam Dwi/mch mekkah/MCH Mekkah)

TEMPO InteraktifArafah --  Sebagian jemaah haji Indonesia saat ini telah berada di Arafah. Senin 15 November 2010, setelah salat Dzuhur jamaah haji akan menunaikan ibadah wukuf, salah satu bagian ibadah terpenting dalam haji. Demikian laporanwartawan Tempo Mahanizar Djohan dari Arafah.

Menurut seorang jemaah asal kloter 47 Jakarta, Marjana perjalanan dari Mekkah ke Arafah di tempuhnya dalam waktu 1,5 jam. Sebagian besar jemaah saat ini sedang beristirahat, sementara sebagian lainnya sedang membaca Al Quran dan khusuk berdoa, setelah shalat ashar berjemaah. "Alhamdulillah, kami telah sampai di Arafah sekitar pukul 15.00," ujarnya.

Wukuf dilaksanakan setelah salat Dzuhur hingga Magrib. Jemaah haji berkumput di bawah tenda-tenda sederhana di Padang Arafah, sambil memperbanyak dzikir dan doa. Setelah Magrib, mereka akan bergerak menuju Mudzalifah untuk menunaikan ibadah selanjutnya. 

Marjana mengatakan, di kemahnya tersedia air minum yang cukup, sedangkan untuk jatah makan, menurut ketua rombongannya baru akan diberikan pada malam nanti. "Cuaca di Arafah, tidak terlalu panas, mungkin karena saya datang menjelang sore," tuturnya.

Menurut seorang petugas pengawas katering di Maktab 17, Syahroni mengatakan, jemaah telah mengisi maktab 16-18. Sejumlah jemaah kloter 83 Jakarta saat ini sebagian besar sedang beristirahat, karena baru saja tiba di Arafah. "Banyak juga jemaah yang sedang berjalan-jalan mengenal lingkungan," kata Syahroni. 

Untuk ibadah wukuf di Arafah, panitia haji Kementrian Agama memberangkatkan dalam dua gelombang besar. Gelombang pertama akan diberangkatkan Minggu setelah Dzuhur, dan gelombang ke dua setelah Ashar. Mereka akan diangkut dengan bus-bus berstiker khusus yang hanya bisa masuk ke Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina).

"Para petugas haji Indonesia pagi ini sudah datang terlebih dahulu ke Arafah sebagai persiapan melayani jamaah haji Indonesia," ujar Ahda Barori, Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Arafah pada wartawan.

MAHANIZAR DJOHAN (ARAFAH) | MCH

Start blogging by creating a new post. You can edit or delete me by clicking under the comments. You can also customize your sidebar by dragging in elements from the top bar.
 

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    November 2010

    Categories

    All

    RSS Feed